Berbagi itu indah

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Halo sobat, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu ya, Amin ...
Wah sudah lama sekali blog ini saya tinggalkan (Bulukan meureun :D) karena kesibukan saya sebagai karyawan swasta yang mendedikasikan diri untuk kemajuan perusahaan (Masa sih??? :D ).
Sebenarnya banyak sekali sih faktor kenapa saya tinggalkan blog ini dalam waktu yang lama. Ok langsung saja yuk kita ke kamar (Eh ... :D), Cekidot.

Membahas mengenai jaringan komputer tentunya kita harus tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenis jaringan komputer. berikut ini jenis-jenis jaringan komputer yang saya ketahui.
  • Personal Area Network (PAN)
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)

Personal Area Network (PAN)
adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar komputer perangkat dengan jarak yang dekat. Jangkauan dari dari PAN biasanya beberapa meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.



Local Area Network (LAN)
adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Jaringan ini yang paling populer dari jenis-jenis jaringan yang lain karena jaringan inilah yang biasa kita gunakan didalam pekerjaan kita, misal saya bekerja di kantor dengan komunikasi antar komputer dan perangkat lainnya menggunakan LAN.


Metropolitan Area Network (MAN)
adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.


Wide Area Network (WAN)
sama seperti LAN dan MAN, merupakan salah satu pengelompokan jenis jaringan yang didasarkan pada jangkauan geografik wilayah mencakup seluruh kota, negara bagian, ataupun negara. Wide area network (WAN) adalah jaringan yang secara geografis memiliki ruang lingkup atau skala jangkauan yang sangat besar. WAN menghubungkan jenis jaringan yang lebih kecil seperti Lokal Area Networks (LAN) dan Metropolitan Area Networks (MAN). Hal ini untuk memastikan komputer dan pengguna di suatu lokasi dapat berkomunikasi dengan komputer dan pengguna yang lain di suatu lokasi yang berbeda. WAN bisa dijalankan dengan bantuan sebuah sistem transmisi publik atau jaringan pribadi. Dalam sebuah perusahaan, WAN dapat terdiri dari koneksi perusahaan pusat, kantor cabang, dan fasilitas perusahaan tersebut. Biasanya router atau perangkat multifungsi lainnya digunakan untuk mengkoneksikan LAN ke WAN atau sebaliknya.


Demikianlah sedikit perkenalan dengan jenis-jenis jaringan. InsyaAllah pembahasan selanjutnya dari jaringan komputer akan saya posting jika tidak sibuk. terima kasih.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin (Ade Setiadi), Published at 10:43:00 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment